Desa Besuk, Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso (27 Juli 2019).

Kelompok Kuliah Kerja Nyata(KKN) 39 Desa Besuk, Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso turut berperan serta dalam kesuksesan GETAR DESA yang merupakan program dari Pemerintah Daerah Bondowoso yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di setiap desa yang ada di Bondowoso. Tak terkecuali di Desa Besuk, pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2019 diadakan Kegiatan Keterampilan yang bertempat di SD Negeri Besuk. Setelah sehari sebelumnya diadakan Ujian Paket A,B, dan C. Tujuan dari kegiatan keterampilan ini adalah agar warga Desa Besuk dapat memanfaatkan barang atau potensi yang ada di Desa Besuk.
Seperti kegiatan yang di inisiasi oleh mahasiswa KKN 39 yaitu membuat Jenang Waluh (dodol labu) yang dibantu oleh Tim Pembina PKK Desa Besuk. Koordinator Desa (KORDES) KKN 39, Nur Achmad Asyari mengatakan bahwa tujuan awal pembuatan dodol dari buah labu adalah inovasi baru yang ditawarkan untuk dapat memanfaatkan potensi di Desa.
“Tentunya berharap dodol labu bisa menjadi inovasi baru sebagai bentuk olahan dari buah-buahan. Serta dapat dilanjutkan ibu-ibu PKK. Karena juga bikinnya bareng ibu-ibu dan tujuannya memberdayakan.”
KORDES KKN 39 juga menyatakan jika kegiatannya di dukung penuh oleh Pihak Desa Besuk, khususnya oleh PKK Desa Besuk.
“Ya, memang pihak Desa dan PKK mendukung penuh dan memberikan kesempatan bagi kami mengenalkan inovasi dari buah labu ini.”
Warga Desa Besuk dari Dusun Sere, Latifah memaparkan apabila kegiatan GETAR DESA ini sangat positif dan sangat bermanfaat untuk peningkatan sumber daya manusia di Desa Besuk.
“Sangat bagus, karena meningkatkan kreativitas dan pengetahuan agar dapat memanfaatkan buah labu”
GETAR DESA diikuti sangat antusias oleh warga, tak hanya praktik inovasi Jenang Waluh, ada juga kegiatan kreatif lainnya seperti membuat gelang, lampion dan kue kering. Melalui GETAR DESA juga diharapkan mampu mencapai peningkatan yang signifikan bagi masyarakat. Serta keterampilan yang diadakan juga nantinya dapat meningkatkan kreativitas warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *