OBOR ASIAN GAMES 2018 DALAM PAWAI BUDAYA KECAMATAN KLABANG

BESUK –  Pada 15 Agustus 2018, Desa Besuk ikut memeriahkan dan berpartisipasi dalam acara Karnaval Budaya HUT RI ke-73 dan sekaligus menyambut Asian Games 2018. Acara Karnaval Budaya Desa Besuk, dikemas dalam barisan Pawai Budaya yang menampilkan 14 barisan, terdiri dari: Maskot Pembawa Nomor dengan Kostum Besuk Berseri, Pembawa Tema, Pembawa Garuda, Barisan Bhineka, Kebudayaan Khas Bondowoso Singo Ulung, Ikon Desa Besuk berupa Maskot Burung Besut Hitam, Al-Patrol, Barisan Penari, Barisan Potensi Desa yang direpresentasikan melalui Kontingen Pertanian, Kesehatan, dan Keagamaan, Barisan Pejuang Payung, serta satu barisan tambahan yang menjadi ciri khas Desa Besuk yaitu Barisan Atlit pembawa obor Asian Games 2018 ala Desa Besuk.

Kegiatan  Karnaval memeriahkan HUT RI ke-73 tahun 2018 yang digelar  pemerintah Kecamatan Klabang, Kabupaten Bondowoso, Rabu (15/8/2018) sore menjadi tontonan yang menghibur masyarakat setempat. Karnaval yang digelar sekitar pukul 13.00 WIB dilepas Camat Klabang, Drs. H. Moh. Arso, M.Pd di halaman kantor BPP Besuk.

Peserta karnaval dengan start di Kantor BPP Besuk, kemudian melewati Jalan Nasional menuju Kantor Kecamatan Klabang, terus menuju Lapangan Lawang Seketeng yang lokasinya tepat berada di depan SMKN 1 Klabang.

Sepanjang perjalanan, barisan penari, al-patrol, dan hadrah dalam keagamaan, melantunkan yel-yel khas Desa Besuk, shalawat, dan tarian cinta Besuk. Ditambah dengan jargon ala Desa Besuk yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Besuk, Pawai Budaya yang dipersembahkan semakin meriah.

“Selamat siang Kecamatan Klabang… Spektakuler…”

“Desa Besuk… Istimewa…”

“Desa Besuk… Jaya…”

“Desa Besuk… Masuk Pak Sugiarto…”

“Soro Nemmo… Ye tak nemmo…”

“Dimma… Ye perak Besuk…” jargon yang dideklarasikan oleh Kades Besuk, Bapak Sugiarto.

Salah satu prosesi yang menjadi poin tambahan bagi Desa Besuk adalah adanya prosesi kirab Obor Asian Games 2018, serta penyerahan Obor tersebut yang dilaksanakan di depan Kantor Kecamatan Klabang dan digaris finish di Lapangan Lawang Seketeng.

Prosesi tersebut dilaksanakan untuk mewujudkan semangat dan dukungan yang besar dari masyarakat Desa Besuk sebagai bagian dari Kecamatan Klabang yang turut bersuka ria menyambut terlaksananya Asian Games 2018.

Upaya tersebut menghasilkan apresiasi poditif dari panitia karnaval, karena Desa Besuk berhasil mendapatkan predikat Juara ke-III dalam Pawai Budaya Kecamatan Klabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *